Cara menjadi Staff Airlines, Persyaratan dan Cara Daftarnya

Cara menjadi Staff Airlines, Persyaratan dan Cara Daftarnya
Cara menjadi Staff Airlines, Persyaratan dan Cara Daftarnya
Cara menjadi Staff Airlines, Persyaratan dan Cara Daftarnya

Tugas dan Tanggung Jawab Keselamatan Penerbangan – merupakan hal yang sangat paling diutamakan di dunia penerbangan. Fungsi keamanan dan keselamatan penerbangan di bandar udara pada dasarnya terdiri dari fungsi pembinaan, fungsi pengawasan, dan fungsi kegiatan dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Departemen Perhubungan Direkorat Jenderal Perhubungan Udara, yang meliputi aspek pengaturan, pengendalian dan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan, pendayagunaan, pengembangan sistem pelayanan keamanan dan keselamatan penerbangan dalam upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan penerbangan yang selamat, aman, cepat, lancar, tertib dan teratur serta terpadu dengan moda transportasi lain

Keamanan dan Keselamatan Penerbangan, Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2001 tentang Keamanan dan Keselamatan Penerbangan;

Penerbangan, Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1992 tentang Penerbangan;

Sertifikat Operasi Bandar Udara, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 47 Tahun 2002 tentang Sertifikat Operasi Bandar Udara;

SKEP/77/IV/2005 tentang Persyaratan Teknis Fasilitas Teknik Bandar

Statistik Angkasa Pura I.

Banyak orang yang sangat bangga sekali bisa bekerja di dunia penerbangan. banyak profesi yang ada di dunia penerbangan yang bisa kamu pilih, akan tetapi kebanyakan orang hanya tau beberapa profesi saja seperti Pilot, Pramugari, atau pramugara saja, ada salah satu profesi yang mungkin kamu semua belum terlalu mengetahuinya yaitu Staff Penerbangan.

Mungkin kamu sering sekali bertanya – tanya apa sih itu yang namanya staff penerbangan? apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Staff Penerbangan? buat kamu yang penasaran dengan apa Itu Staff Penerbangan apa tugas dan tanggung jawab yang harus di emban oleh seorang staff penerbangan. nah untuk saat ini bukan saatnya untuk berbingung – bingung ria karena hari ini mimin akan menjelasakan apakah itu staff penerbangan dan seperti apa tugas dan tanggung jawab di bandara sendiri. Okk yuk kita bahas tentang staff penerbangan berikut ini.

Definisi Staff Penerbangan

Banyak yang bertanya tentang Definisi Staff Penerbangan Tugas dan Tanggung Jawab yang harus di emban oleh staff penerbangan. Definisi Staff Penerbangan personil yang bertugas di darat untuk bisa memberikan pelayanan kepada Penumpang yang baik pelayanan sebelum keberangkatan (Pre Flight Service) maupun Pelayanan sesudah penerbangan (After Flight Service).

 

Bila kita sedang berpergian dengan menggunakan pesawat pasti akan melihat petugas  yang berpakaian rapih di di dalam bandara yang melayani kita mulai dari pembelian tiket, sampai dengan penanganan bagasi kita dan itulah yang di sebut dengan staff penerbangan. indonesia merupakan salah satu negara Industri penerbangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia ini. Sehingga secara langsung dampak kebutuhan tenanga kerja baik di darat (Staff Penerbangan dan juga AVSEC) maupun di udara (Pramugari/pramugara) sangat terbuka luas.

Maka dari itu kesempatan untuk bisa bekerja di dunia penerbanganpun juga luas, banyak sekali profesi profesi yang diminati salah satu profesi itu adalah staff penerbangan, banyak yang tidak mengetahui tugas dan juga tanggung jawab seperti apa yang harus di lakukan oleh seorang staff penerbangan.

 

Tugas Staff Penerbangan

Berikut ini adalah tugas tugas yang dikerjakan oleh seorang staff penerbangan di Bandara :

  1. Bagage Handling
  2. Bagage Checker
  3. Loading Master
  4. Lost dan Found
  5. Passasi
  6. Check In Counter
  7. Boar – ding Gate
  8. Transfer Desk
  9. Greeting
  10. Service
  11. Rump
  12. CRO
  13. Cargo Handling
  14. Operation
  15. Catering

Check In

Check In Counter yitu tempat untuk melaporkan penumpang yang ingin sekali memakai jasa penerbangan baik itu penerbangan secara domestik maupun penerbangan Internasional.

  1. Persiapan Yang dipersiapkan petugas check in Counter meliputi
  2. Memperhatikan perfomance diri
  3. Menyiapkan label bagasi, surat penyataan, boar-ding pass dan juga limited release
  4. Pengecekan display di billboard, di cek dulu apakah sudah sesuai dengan penerbangan yang akan kita incharge
  5. Selalu berkoordinasi dengan karyawan operation perihal nomor pesawat penerbangan yang akan di gunakan
  6. Check In Counter biasanya di buka dua jam sebelum waktu keberangkatan dan biasanya di tutup 30 menit sebelum keberangkatan
  7. Tugas – Tugas Pokok Check In Counter
  8. Pengecekan tanggal waktu penerbangan, rute penerbangan, tas, dan validasi tiket
  9. Mencocokan dokumen para penumpang meliputi Pasport, SIM, atau KTP
  10. Menyobek kupon penerbangan
  11. Menangani excees bagage

Pasasi

Apa sih itu Pasasi? Pasasi adalah bagaian dari pekerjaan atau tugas Ground Handling ataupun Staff Penerbangan yang akan menangani penumpangnya dimulai dari proses check in hingga penumpang sampai naik ke dalam pesawat dan juga menagani proses penumpang saat sedang stransit.

 

Baca Juga : Macam-Macam Jenis Pekerjaan di Dunia Penerbangan

 

Tanggung Jawab Staff Penerbangan

Setelah kita mengetahui apa saja tugas dari seorang Staff Penerbangan selanjutnya kita membahas tentang Tanggung Jawab yang Harus di emban oleh seorang staff penerbangan dan berikut ini adalah tanggung jawab yang harus di emban oleh staff penerbangan.

 

Tanggung Jawab Staff Penerbangan adalah memastikan semua tugas – tugas sudah berjalan dengan baik atau sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh maskapai penerbangan itu sendiri. Menjadi seorang karyawan di suatu maskapai penerbangan seperti halnya menjadi staff penerbangan atau Ground Staff yang professional, ulet, pintar, bertanggung jawab itu tidaklah mudah seperti kita menyebut mie Instan, padahal mie Instan aja butuh proses! Nantinya mereka akan bisa menjadi seperti itu karena butuh kerja keras dan harus mengenyam pendidikan khususnya di sekolah Penerbangan agar  bisa menjadi seorang karyawan Ground Staff atau Staff Penerbangan yang handal dan juga profesional di dalam bekerja di dunia penerbangan.

 

Akan tetapi untuk bisa menjadi seorang staff penerbangan itu juga tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan sebelumnya, sebelum menjadi seorang staff penerbangan kamu juga harus melewati beberapa persyaratan dan juga tahapan untuk menjadi seorang staff penerbangan. dan kamu jangan sepelekan tahapan yang harus kamu lakukan dan ada beberapa faktor Fatal sekali yang dapat membuat kamu gagal dalam mewujudkan mimpi menjadi staff penerbangan.

Syarat Menjadi Ground Staff Bandara

Cara Menjadi Staff Airlines, Tugas dan Tanggu Jawabnya Untuk Keselamatan Penerbangan
Cara Menjadi Staff Airlines, Tugas dan Tanggu Jawabnya Untuk Keselamatan Penerbangan

Ground Staff atau biasa yang disebut dengan Staff Penerbangan merupakan staff yang bekerja d Bandara. Tugas staff ini bermacam-macam ada yang mengurusi dokumen dan tiket penumpang , Hingga penanganaan barang-barang yang dibawa penumpang. Gaji Ground Staff atau Staff Airlines ini juga terbilang memuaskan! Bagaimana tertarik bekerja di Bandara sebagai staff penerbangan ? 7 Syarat Agar Kamu Bisa Bekerja di Bandara! Nomor 3 Wajib!

1.Usia

Dalam melamar pekerjaan biasannya ada ketentuan usia minimal dan maksimalnya. Begitupun juga syarat untuk bekerja di Bandara. Meskipun antar maskapai atau Bandara berbeda , Tapi untuk usia minimalnya adalah 18 tahun. Usia maksimalnya variatif bisa 25 , 27 bahkan 35 tahun.Syarat Agar Kamu Bisa Bekerja di Bandara

2.Tinggi Badan Minimal

Syarat tinggi badan berhubungan erat dengan penampilan. Profesi Staff Penerbangan mengandalkan penampilan . Fisik yang tinggil tentu bisa meningkatkan kepercayaandiri dalam melayani costumer.Maka syarat tinggi badan minimal jadi hal yang perlu. Tinggi badan minimal staff Bandara , Berkisar antara 158-160 cm untuk wanita. Dan 165-170 cm untuk pria. Tentu dengan berat badan yang ideal.Untuk menentukan berat badan idealnya bisa menggunakan kalkulator BMI. Kalkulator BMI (kependekan dari body mass index) merupakan metode yang dipakai untuk melakukan perbandingan antara berat dengan tinggi Tubuh. Perhitungan untuk memperoleh hasil apakah tubuh kita termasuk normal atau tidak. Metode ini membagi hasil ke dalam 5 kategori yaitu kurus, normal/ideal , gemuk, obesitas 1, dan obesitas.

3.Sehat Jasmani dan Rohani

Sehat jasmani dan rohani sudah barang tentu syarat wajib yang dipenuhi untuk bekerja di Penerbangan.  Apalagi jika jadi Petugas AVSEC yang melakukan pengamanan dan keselamatan Bandara , Maka fisik yang prima penting dimiliki, Untuk memastikannya , Diadakanlah suatu tes kesehatan yang disebut dengan medical examination atau medex. Pemeriksaan medex mencakup kesehatan jantung , Paru-paru , test urine , Kesehatan mata , telinga dan fisik menyeluruh.

4.Pendidikan Minimal

Intelektual dan wawasan juga adalah aspek terpenting untuk bekerja di Penerbangan , Oleh karenanya pendidikan minimal menjadi salah satu persyaratan dasar yang wajib dipenuhi. Pendidikan minimal untuk dapat bekerja di Bandara sebagai Staff Penerbangan juga AVSEC adalah minimal SMA/Sederajat. SMK apapun jurusannya entah itu kelautan , pariwisata , otomotif , seni rupa tidak berpengaruh. Kemudian untuk nilai ujian akhir maupun nilai rata-rata sekolah lagi-lagi tidak berpengaruh. Yang penting ia sudah dinyatakan lulus Sekolah Menengah atas sederajat.

5.Berpenampilan Menarik dan Berkepribadian Baik

Setiap orang tentu ingin selalu bisa tampil serasi dan menarik supaya disukai oleh orang lain. Karena penampilan menarik mencerminkan kepribadian seseorang. Orang yang berpenampilan menarik akan dinilai pula sebagai sosok yang berkepribadian baik.Berpenampilan menarik bukan berarti harus cantik/tampan atau berkulit putih bersih. Penampilan diri  begitu penting tidak hanya pada profesi penerbangan tapi juga dalam kehidupan sehari-hari, Penampilan menarik penting bagi yang bekerja sebagai tenaga pelayanan(Costumer service ) , pada pegawai negeri, pelayan toko,kalangan eksekutif bisnis,  tenaga penjualan, , dan sejenisnya, mereka tentu saja perlu berpenampilan serasi dan menarik.

6.Dapat Berkomunikasi Dengan Baik

Di dalam pekerjaan,Ada dua belah pihak (atasan dan bawahan) harus terjalin  komunikasi dua arah atau harus adanya komunikasi timbal balik, Oleh karenanya  diperlukan suatu  kerja sama yang diharapkan bisa mencapai cita-cita pribadi maupun kelompok, serta untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu tersebut. Selain itu , komunikasi juga sangat bermanfaat saat sedang berinteraksi kepada orang lain atau kepada kelompok lain terlebih profesi di Bandara seperti Staff Penerbangan yanng banyak berhubungan dengan orang-orang , Kepandaian komunikasi ini penting demi kepuasan dan kenyamanan  para penumpang , Maka komunikasi yang baik merupakan salah satu syarat dasar bekerja di Bandara. Ada lagi satu faktor yang bisa membuat komunikasi jadi lebih baik , Adalah kemampuan Berbahasa asing dalam hal ini  Bahasa Inggris serta jika ditambah bisa Bahasa Mandarin , Itu akan jadi nilai lebih.

7.Kemampuan Menangani Pelanggan

Staff Bandara dan AVSEC seperti disinggung diatas adalah profesi yang banyak berhubungan langsung dengan pelanggan , Dari banyaknya pelanggan /penumpang tersebut pastilah karakter atau watak mereka berbeda-beda, Ada yang kalem tapi ada juga yang tidak sabaran sampai marah-marah jika performa tidak memuaskan misalnya delay penerbangan. Cara atau kemampuan menangani penumpang ini adalah hal penting dan syarat dasar menjadi staff Airlines! Tidaklah gampang mendidik pekerja untuk melakukan hal ini dengan tulus. Malahan yang kerap  terjadi adalah reaksi spontan untuk bertahan dan membela diri. Ini terutama terjadi jika standar layanan terhadap pananganan komplain tidak jelas. Pun begitu , Ini bisa terjadi. Cara Penanganan komplain/Handdle bisa  lebih efektif apabila  antara   front-line dan  staff mampu mencari informasi dari pelanggan. Hal inilah yang  penting sebagai dasar untuk memberikan solusi atau jalan keluar yang tepat. Selain itu, informasi  tepat yang diperoleh akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk memperbaiki standar layanannya atau langkah-langkah perbaikan secara internal selanjutnya.

Baca Juga : Cara & Syarat Menjadi Staff Bandara di Indonesia

 

Cara Menjadi Staff Airlines, Tugas dan Tanggu Jawabnya Untuk Keselamatan Penerbangan
Cara Menjadi Staff Airlines, Tugas dan Tanggu Jawabnya Untuk Keselamatan Penerbangan

Demikian artikel tentang  Cara Menjadi Staff Airlines, Tugas dan Tanggu Jawabnya Untuk Keselamatan Penerbangan Sebagai tambahan info persyaratan pendaftaran hingga biaya pendidikan Sekolah Staff Penerbangan terbaik  Selengkapnya dapat menghubungi panitia penerimaan dan pendaftaran siswa baru melalui Kak DESTA 0822-2000-7377

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *