8 Aturan Penampilan Pramugari Yang Wajib Dipatuhi

8 Aturan Penampilan Pramugari Yang Wajib Dipatuhi
8 Aturan Penampilan Pramugari Yang Wajib Dipatuhi

Flight attendant atau cabin crew adalah adalah personel dalam penerbangan yang bertatap langsung dengan penumpang pesawat. Kita menyebutnya sebagai pramugara untuk cabin crew laki-laki dan pramugari untuk cabin crew perempuan. Mereka berpakaian seragam sesuai maskapainya masing-masing. Yang mencolok dari mereka secara fisik adalah mereka cantik dan ganteng serta postur tubuhnya tinggi dan langsing..

Menjadi seorang pramugari dituntut untuk bisa berpenampilan rapi dan tampak profesional. Dibalik gaya penampilan pramugari yang rapi dan tampak profesional, ada beberapa aturan yang harus dipenuhi.

Saat bertugas, para pramugari harus bersikap profesional. Mereka tak hanya diwajibkan melayani penumpang pesawat dengan baik, tapi juga dituntut berpenampilan sempurna.

Berbagai persiapan yang dilakukan pramugari untuk tampil “sempurna” tidak diketahui penumpang.

Tapi tahukah Anda dibalik tampilan seragam dan gaya yang rapi ini tak cukup hanya dengan mengoleskan lipstik dan memasukan dengan rapi kemeja mereka ada peraturan yang jauh lebih ketat terkait soal penampilan?

Mau tahu apa sajakah yang termasuk peraturan ketat untuk pramugari dan pramugara dari perusahaan Airlines di dunia? Berikut beberapa uraiannya

1. Penggunaan riasan

Aturan pertama terkait penampilan pramugari yakni penggunaan riasan.

Maskapai penerbangan mewajibkan pramugari memakai riasan di wajah selama penerbangan berlangsung.

Meski menjadi bagian penting dari pramugari, riasan wajah ini tidak boleh terlalu menor.

Seperti penggunaan eyeliner tebal atau warna lipstik yang berbenturan dengan seragam mereka.

Aturan memakai riasan ini memang diberlakukan oleh maskapai penerbangan

Namun, ada maskapai yang tidak memberlakukan aturan pramugari wajib memakai riasan wajah yakni Virgin Airlines.

Virgin Airlines menjadi maskapai pertama yang tidak memberlakukan aturan tata rias wajib bagi pramugari mereka.

2. Hanya boleh memakai sepasang anting

Maskapai penerbangan memiliki aturan ketat tentang penggunaan aksesoris.

Saat bekerja, pramugari hanya diperbolehkan memakai satu pasang anting.

Aturan ini bertujuan agar pramugari tampil profesional.

Penggunaan anting-anting yang besar justru bisa menjadi bahaya keselamatan saat terjadi keadaan darurat.

3. Larangan memiliki kumis dan jenggot

Selain harus memiliki potongan rambut yang rapi, pramugari pria juga tidak boleh memiliki kumis dan jenggot.

Larangan memiliki kumis dan jenggot termasuk dalam aturan tentang penampilan yang harus dimiliki seorang pramugari.

4. Larangan memiliki tato

Jika saat ini memiliki tato merupakan hal yang biasa dan dianggap seni.Namun, maskapai penerbangan melarang pramugari memiliki tato.Terlebih tato di area yang mudah terlihat seperti pada wajah, leher atau lengan dan kaki bagian bawah

5. Gaya rambut harus rapi

Pramugari wanita juga harus mengikuti aturan maskapai penerbangan terkait gaya rambut.

Sebagian besar maskapai penerbangan melarang pramugari memiliki ramput panjang terurai.

Inilah mengapa seringkali pramugari tampil dengan gaya rambut digulung

6. Harus bukan perokok

Merokok telah dilarang di pesawat selama bertahun-tahun. Beberapa maskapai penerbangan bahkan melarang pramugari mereka merokok ketika mereka turun. Meski beberapa maskapai hanya mencegah pramugari dari merokok saat masih menggunakan seragam, Qatar Airlines justru melarang pramugari mereka merokok sama sekali.

7. Tidak boleh memiliki jerawat

Riasan wajah bukan satu-satunya hal yang diatur oleh maskapai penerbangan. Seorang pramugari juga tidak boleh memiliki jerawat dan harus merawat kulit mereka dengan baik. Bagi siapa pun yang berjerawat atau memiliki masalah kulit tidak mungkin bisa menjadi seorang pramugari.

8. Larangan mewarnai rambut

Sebenarnya seorang pramugari diijinkan untuk mewarnai rambut, selama warna tersebut sama seperti warna asli rambut mereka. Yang dilarang adalah mewarnai rambut dengan warna menyala seperti merah muda, ungu, atau pun hijau. Kalau orang melihat FA hanya dari sisi fisik, sebenernya perjalanan mereka untuk menjadi seorang FA itu sungguh panjang. Mereka harus melewati masa pendidikan yang cukup lama prosesnya. Bukan hanya ujian mental tapi juga ujian untuk kemampuan mereka. Karenaitu penampilan bukan hanya jadi faktor utama seorang FA tapi juga otak yang cerdas harus mereka punya.

Tugas Pramugari

Tugas utama seorang FA adalah melayani penumpang selama penerbangan berlangsung.  Tugas FA dimulai saat penumpang pesawat masuk ke kabin. FA akan berdiri di pintu pesawat menyambut para penumpang, menanyakan tempat duduknya dan mengarahkan penumpang ke tempat duduknya.

Flight Attendant akan melakukan demo cara menggunakan alat keselamatan. Gimana cara pakai pelampung, gimana cara keluar dari pintu pesawat kalau terjadi kecelakaan dan lain-lain. Beberapa maskapai sudah menggunakan video untuk demo alat keselamatan ini namun masih banyak maskapai yang melakukan demo melalui peragaan dari pramugarinya secara langsung.

FA juga akan melayani makan dan minum para penumpang. Juga mengingatkan untuk melipat meja, menegakkan sandaran kursi dan membuka menaikkan penutup jendela.

Persyaratan Fisik Pramugari

Kamu mau mendaftar jadi pramugari.? pasti jiga ingin tau kreteria fisik untuk menjadi seorang pramugari.? Di bawah ini jawabannya.

Pada umumnya paramugari memang mempunyai tubuh yang langsing, tinggi dan cantik. Bentuk badan yang dimiliki seorang pramugari memang sangat penting sebagai syarat utama agar mereka dapat bekerja di sebuah bandara.

Peraturan yang telah ditetapkan dalam penerimaan karyawan khususnya pramugari harus mempertimbangkan bentuk tubuh yang langsing, tinggi dan tentunya yang menjadi modal awal dari keseluruhan syarat tersebut adalah cantik wajahnya akan  mempermudah anda  yang ingin bekerja sebagai pramugari untuk segera diterima oleh pimpinan dalam sebuah bandara.

Meskipun dalam setiap perusahaan penerbangan berbeda-beda dalam memilih kriteria calon awak kabinnya (pramugari), Dibawah ini beberapa kriteria fisik yang umum untuk menjadi seorang pramugari di sebuah perusahaan penerbangan (air lines).

Persyaratan Fisik Pramugari

  • Wanita (Minimal Lulus SMA)
  • Belum pernah menikah
  • Penampilan menarik (bukan seksi atau meke up yang berlebihan)
  • Usiah minimal 17 tahun (saat pendaftaran)
  • Tinggi badan minimal 160 cm
  • Sehat secara rohani
  • Tidak menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata, (contact lens / softlens)
  • Tidak buta warna
  • Susunan gigi rapi (diperbolehkan memiliki gigi gingsul)
  • Boleh memakai behel atau kawat gigi saat pelatihan berlangsung (bersedia melepas saat bertugas)
  • Bila memiliki masalah pada gigi bersedia untuk memperbaiki (contoh menambal gigi berlubang atau memasang gigi tiruan pada bagian yang ompong)
  • Kulit bersih dari jerawat, bekas jerawat, dan noda (samar / kecil / sedikit masih bisa masuk ada pengecualian)
  • Tidak ada luka permanen pada kulit yang terlihat (pada bagian tubuh yang tertutup seperti perut tidak masalah)
  • Tahi lalat hidup / mati pada bagian wajah bisa masuk
  • Harus bisa renang
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Mampu berbahasa asing (inggris)
  • Diizinkan mengenakan kerudung, jilbab atau hijab (untuk maskapai tertentu)
  • Berat badan proporsional dengan tinggi badan

Untuk menjadi seorang pramugari memang diwajibkan memiliki berat dan bentuk badan ideal, adapun cara mudah untuk mengukur berat dan tinggi badan ideal seorang pramugari adalah sebagai berikut.

CARA MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL

Cara paling mudah : Berat Badan Ideal = Tinggi Badan – 110
Jika anda mempunyai tinggi badan 160cm, maka berat ideal anda adalah 160 – 110 = 50kg.

Tapi sebenarnya antara satu maskapai penerbangan dengan maskapai lain mempunya kriteria tersendiri. Ada yang mengutamakan penampilan fisik, cantik, tinggi ideal dan ada juga yang mengutamakan pengetahuan bahasa inggris (asing) dan akademik ada juga yang mengutamakan pengalaman.

Jika anda mempunyai keinginan dan berniat untuk mendaftar menjadi pramugari ada baiknya anda mencari informasi lebih banyak tentang dunia penerbangan dan pramugari seperti website resmi dan atau akan lebih baik anda mengikuti sekolah pramugari untuk membuka wawasan dan pengetahuan anda tentang dunia penerbangan dan pramugari.

Salah satu sekolah pramugari yang paling banyak diminati dan sudah terbukti kwalitasnya adalah FAAST Penerbangan.

FAAST (Flight Attendant & Airline Staff Training) merupakan lembaga pendidikan & pelatihan pramugari & staff airline yang berdiri di kota Yogyakarta.

8 Aturan Penampilan Pramugari Yang Wajib Dipatuhi
8 Aturan Penampilan Pramugari Yang Wajib Dipatuhi

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

Untuk informasi pendaftaran peserta didik baru bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran di nomer WA/TELP 0822-2000-7377 ( KAK DESTA )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *